Minggu, 17 Juli 2011

RPP PKN KELAS 7 SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A. Identitas
Nama Sekolah                  : SMP 1 Kudus
    Mata Pelajaran                 : Pendidkan Kewarganegaraan (PKn)
    Kelas / Semester              : VII / satu
    Alokasi waktu                  : 6 X 40 menit ( 3 x pertemuan )

Standar Kompetensi        : 1.Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kompetensi Dasar           : Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan,     adat-istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat

Indikator                       :   *  Menjelaskan hakekat norma
                 *  Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan berma
                     syarakat.
                 Menguraikan macam-macam norma.

B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai proses pembelajaran, peserta didik dapat :

1.     Menjelaskan pengertian norma
2.     Menjelaskan tujuan norma
3.     Menjelaskan fungsi norma
4.     Menguraikan macam-macam norma
5.     Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
6.     Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya

C.     Materi Pembelajaran

·        Pengertian norma
·        Tujuan norma
·        Fungsi norma
·        Macam-mcam norma
·        Hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
·        Sumber-sumber norma
·        Kekuatan mengikat norma
·        Sanksi norma

D.    Metode Pembelajaran

1.     Pendekatan pembelajaran  : Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah:
    pendekatan proses, kontekstual dan pembelajaran konstruktivis.
2.     Metode pembelajaran        : Ceramah bervariasikan tanya jawab, inquiry,  penugasan, dan diskusi kelas

E.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )
a.      Guru mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (Kedisiplinan, Responsive)
b.     Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi pembelajaran tersebut.
c.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kompetensi akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma yang ada di masyarakat. (Rasa ingin tahu)
d.  Menyanyikan lagu wajib nasional (Satu Nusa Satu Bangsa). (Semangat
     Kebangsaan)

Kegiatan Inti ( 60 menit )

Pembelajaran Eksplorasi
a.   Peserta didik membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS (Mandiri,)
b.  Peserta didik membaca dan mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS (Tanggung  jawab).
c.   Peserta didik menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam masyarakat, khususnya sub tentang   sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat (Gemar membaca)

Pembelajaran Elaborasi
a.   Peserta didik dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku peserta didik dan LKS (Ulet/kerja keras)
b.  Peserta didik berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru (Demokratis).
c.   Peserta didik mengerjakan tugas-tugas kelompok.
d.  Peserta didik mempresentasikan hasil tugas kelompok. (Keteladanan)

Pembelajaran Konfirmasi
a.    Guru menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan. (Demokratis)
b.  Guru membantu menyelesaikan masalah; (Tanggung Jawab)
c.   Peserta didik menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sejarah perkembangan norma; tujuan dan kegunaan norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat Peserta didik melakukan pengecekan hasil pekerjaan kelompok berdasarkan acuan yang diberikan guru. (Responsive,)
d.  Peserta didik diberi kesempatan untuk merefleksi pengalaman belajarnya.

Kegiatan Penutup ( 10 menit )

a.      Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat (Tanggung Jawab)
b.     Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru

Pertemuan 2

Pendahuluan ( 10 menit )

a.      Guru mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. (Disiplin)
b.     Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat. (Rasa ingin tahu)
c.      Menyanyikan lagu wajib Nasional (Berkibarlah Benderaku)

Kegiatan Inti ( 60 menit )

Pembelajaran Eksplorasi
a.      Peserta didik membaca dan mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
b.     Peserta didik menyimak dan mencermati uraian submateri tentang  macam-macam norma  yang ada dalam masyarakat
c.      Peserta didik menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat

Pembelajaran Elaborasi
a.      Peserta didik dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku peserta didik dan LKS
b.     Peserta didik berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
c.      Peserta didik mengerjakan tugas-tugas individu dan kelompok
d.     Peserta didik mempresentasikan hasil tugas individu dan  kelompok.

Pembelajaran Konfirmasi
a.     Guru menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan.
b.     Guru membantu menyelesaikan masalah;
c.      Peserta didik melakukan pengecekan hasil pekerjaan individu dan kelompok berdasarkan acuan yang diberikan guru.
d.     Peserta didik diberi kesempatan untuk merefleksi pengalaman belajarnya.

Kegiatan Penutup ( 10 menit )

a.      Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
b.     Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik.
c.      Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.     Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.  
e.      Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan  / PR yang diberikan guru

Pertemuan 3
Pendahuluan ( 10 menit )

a.    Guru mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.(Disiplin)
b.   Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan materi pembelajaran tersebut. (Demokratis)
c.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran mengenai sanksi-sanksi akibat pelanggaran norma.
d.     Menyanyikan lagu wajib Nasional “Maju tak Gentar”. (Semangat Kebangsaan)

Kegiatan Inti ( 60 menit )

Pembelajaran Eksplorasi
a.      Peserta didik menyimak dan mencermati uraian materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan
b.     Peserta didik berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru terhadap pelanggar norma (Demokratis).
Pembelajaran Elaborasi
a.      Peserta didik membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS (Kerja keras)
b.     Peserta didik dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku peserta didik dan LKS
c.      Peserta didik mengerjakan tugas-tugas  individu dan kelompok
d.     Peserta didik mempresentasikan hasil tugas individu dan  kelompok. (Keteladanan)

Pembelajaran Konfirmasi
a.      Guru memberikan umpak balik dan penguatan secara lisan terhadap hasil tugas peserta didik/kelompok.
b.     Peserta didik menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar norma  yang ada dalam masyarakat. (Responsive)
c.      Peserta didik diberi kesempatan untuk merefleksi pengalaman belajar yang telah dilakukan.

Kegiatan Penutup ( 10 menit )

a.      Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi bagi pelanggar norma yang ada dalam masyarakat (Disiplin)
b.     Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru

B.     Alat /Sumber Belajar

v       Drs. Sri Murtono, M.Pd Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SLTP/MTs, Quadra,
          Jakarta 2007.
v       Fajar Rahayuningsih PKn kelas VII SLTP, PIM, Jogjakarta, 2007
v       AT. Sugeng Prianto, PKn BSE kelas VII SLTP, JP.Books Jakarta 2008
v       Contoh norma,
v       Orang tua dan Tokoh masyarakat setempat.
v       Artikel/berita di media massa.

G. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah  proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sedangkan untuk pertemuan ke-1 s.d. 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas peserta didik saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas.
Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes pilihan ganda dan uraian.

Bagian I

Penilaian Proses ( Aktivitas Peserta didik dalam Diskusi)

No
Nama Peserta didik
Keaktifan
Pemahaman
Kerjasama
Jumlah
1





2







Keterangan

Aspek keaktifan diberi nilai maksimal    = 40, minimal    =  10
Aspek pemahaman  diberi nilai             = 40, minimal    =  10
Aspek kerja sama diberi nilai maksimal = 20, minimal    =  10

Bagian II
Penilaian Hasil Belajar

A.  Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada alternatif yang benar atau paling benar di antara empat kemungkinan jawaban yang tersedia!
  1. Bila Anda berbicara tentang kualitas kebaikan seseorang, maka yang dimaksud hal itu adalah......


A.    materi
B.     norma
C.     nilai
D.    moral


2.      Materi nilai kesatuan, kerukunan dan tanggung jawab, termasuk ke dalam norma.....


A.    agama
B.     hukum
C.     sosial
D.    kesopanan


3.      Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal dinamakan norma


A.    kesusilaan
B.     kemasyarakatan
C.     agama
D.    kesopanan


4.      Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah, manusia dikaruniai….


A.    bentuk fisik yang sempurna
B.     rasa malu
C.     akal pikiran
D.    hari nurani


5.      Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan menggunakan….


A.    nalurinya
B.     daya pikirannya
C.     rasa estetikanya
D.    etika dan khayalannya


6.      Dalam mewujudkan hasrat dan cita-citanya setiap individu manusia akan dihadapkan kepada….


A.    kepentingan orang lain
B.     norma yang ada masyarakat
C.     penguasa setempat
D.    saingan usahanya


7.      Pada hakekatnya manusia mempunyai dua hasrat, yaitu  ingin….
A.    bahagia dan jaya
B.     dihormati dan terhormat
C.     menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya
D.    sempurna dan bahagia
8.      Kaidah hidup yang paling tua adalah norma….


A.    kesusilaan
B.     adat atau kemasyarakatan
C.     agama
D.    hukum


9.      Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya dinamakan kaidah….


A.    kesusilaan
B.     adat atau kemasyarakatan
C.     agama
D.    hukum


10.      Manakah di antara kaidah hidup di bawah ini yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akherat?


A.    kesusilaan
B.     adat atau kemasyarakatan
C.     agama
D.    hukum


11.      Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan….


A.    kepastian hukum
B.     ketertiban dalam masyarakat
C.     keadilan sosial
D.    kebahagiaan bagi masyarakat


12.      Sekalipun di masyarakat telah ada dan berkembang kaidah/norma hidup, namun dalam pelaksanaannya manusia masih memerlukan norma hukum. Hal ini dikarenakan….
A.    setiap manusia ingin berusaha untuk berbuat yang terbaik badi dirinya
B.     semua kepentingan manusia telah terwadahi dalam ketiga norma
C.     tidak semua orang mentaati norma yang ada
D.    kepentingan setiap orang berbeda-beda

13.      Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu….
A.    sudah ditentukan terlebih dahulu
B.     tegas dan keras
C.     tidak memandang siapa yang bersalah
D.    dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
14.      Manakah di antara perbuatan di bawah ini yang bisa dikatagorikan bentuk pelanggaran terhadap keempat norma yang ada dalam masyarakat ?
A.    mencuri
B.     memberikan warisan kepada pihak perempuan saja
C.     memfitnah
D.    menghina tetangga
15.      Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk....


A.    menegakkan keadilan
B.     menegakkan kebenaran
C.     menciptakan ketertiban
D.    mewujudkan kebersamaan


  1. Uraian

Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
  1. Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
  2. Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  3. Uraikan macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat
  4. Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
  5. Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!


Mengetahui                     
Kepala SMP 1 KUDUS



 H.Oky Sudarto , S Pd
NIP.19571016 197803 1 002

Kudus,    Juli 2011


Guru Mata Pelajaran,



Eko Widiastuti , S Pd
NIP.19601204 198112 2 003  




1 komentar:

  1. Maaf , tulisannya kok muncul nggak teratur ya ,padahal RPP yang saya copy dari LCD teratur .

    BalasHapus